Tips Mengolah Daging Ayam Dengan Sehat Dan Higienis

Tips Mengolah Daging Ayam dengan Sehat dan HigienisTahukah anda bahwa mengolah daging ayam yang benar bukanlah dengan mencucuinya terlebih dahulu. Kenapa demikian? Bahwa jika anda mencucinya terlebih dahulu karena alasan supaya bersih maka pernyataan tersebut salah, hal yang akan terjadi yaitu membuat bakteri-bakteri di dalam ayam meningkat. Masih banyak orang yang belum memahami jika mencuci daging ayam berpotensi mengakibatkan keracunan makanan. Oleh sebab itu akan di jabarkan di bawah ini.

Bahaya Terinfeksi Campylobacter

Bakteri Campylobacter, yaitu salah satu bakteri yang mengakibatkan sakit perut dan diare. Tidak hanya sakit perut dan diare, ternyata akan memunculkan pula gejala muntah-muntah yang muncul selama dua hingga lima hari setelah bakteri masuk ke dalam tubuh. Kondisi keracunan makanan ini bisa menyebabkan komplikasi jika orang yang terinfeksi adalah anak-anak, orang tua, atau mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, seperti pengidap HIV dan kanker.

Komplikasi yang dapat terjadi akibat infeksi Campylobacter adalah:

  1. Infeksi menyebar ke organ tubuh lain seperti sendi (arthritis), hati (hepatitis) dan pancreas.
  2. Kehadiran bakteri di dalam darah atau bekteremia.
  3. Keguguran pada ibu hamil.
  4. Sindrom Guillain Barre yaitu kelainan langka yang menyebabkan kerusakan pada sistem saraf.

Bahaya Terinfeksi bakteri E.Colli adalah :

  1. Kram pada perut.
  2. Muntah-muntah atau terdapat darah dalam muntahan.
  3. Diare selama lebih dari tiga hari atau terdapat darah pada tinja Anda.
  4. Penglihatan ganda.
  5. Kekuatan otot melemah.
  6. Kesemutan di tangan.
  7. Tanda-tanda dehidrasi seperti bibir kering, lemas, mata cekung, dan kurang buang air kecil.

Bahaya terinfeksi bakteri shigella adalah :

Bakteri ini sangat rentan pada anak-anak yang akan mengakibatkan komplikasi penyakit di bawah ini. Jika hal ini terjadi maka segeralah untuk ke dokter untuk mendapatkan pertolongan pertama.

  1. Kejang yang disebabkan oleh demam tinggi
  2. Dehidrasi
  3. Sakit kepala
  4. Lemah, letih dan lesu
  5. Kaku leher
  6. Linglung.
READ  Wilayah Pengiriman Bawang Hitam dAHZAT

Ketiga bakteri di atas adalah yang terkandung pada daging ayam jika salah pengolahannya atau daging ayam yang tidak matang. Jika kita dalam memasaka untuk keluarga tidak cermat dan memperhatikan kesehatan maka gejala-gejala serta komplikasi yang ada di atas akan menyerang keluarga anda. Jadi sangat penting sekali dalam memasak daging ayam pun juga harus benar dan higienis untuk kesehatan tubuh. Di sini akan dijabaran pula bagaimana mengolah daging ayam yang benar.

Tips Mengelola Daging Ayam Mentah

Pada daging ayam terdapat kandungan protein tinggi serta vitamin B kompleks seperti vitamin A, vitamin B3, vitamin B5 dan vitamin B6 yang sangat bermanfaat untuk menambah nutrisi dalam tubuh.  Jangan biarkan bakteri-bakteri seperti Campylobacter ikut masuk ke dalam tubuh Anda. Berikut ini tips-tips yang dapat berguna dalam memasak dan menyimpan daging ayam yang masih mentah.

Sebelum memasak daging ayam :

  1. Masukkan segera daging ayam ke lemari es, namun jangan biarkan daging ayam yang masih mentah berada terlalu lama di lemari es.
  2. Usahakan letakkan daging ayam berada pada ­freezer.
  3. Bekukan daging ayam jika tidak langsung di olah untuk makanan paling lambat 2 hari
  4. Cucilah semua peralatan masak anda yang digunakan untuk mengolah daging ayam dengan sabun, supaya terhindar dari bakteri-bakteri.

Ketika memasak daging ayam :

  1. Keluarkan daging ayam dari lemari es hanya ketika daging ayam akan diolah.
  2. Bedakan wadah untuk ayam yang selesai dimasak dengan wadah yang Anda gunakan untuk meletakkan ayam mentah.
  3. Rebuslah daging ayam dengan air yang mendidih supaya bakteri di dalam daging mati.
  4. Kemudian cucilah dengan bersih godokan daging ayam tersebut dengan bersih, sisihkan kulit ayam untuk tidak di konsumsi. Kulit ayam merupakan tempat banyak lemak yang tidak baik untuk tubuh.
  5. Masak daging ayam hingga well done, kira-kira hingga suhu 73 derajat celcius.
  6. Untuk melihat apakah daging ayam sudah matang, tusuk dengan garpu dan pastikan tidak ada warna merah muda lagi pada daging ayam yang menunjukkan ayam tersebut masih belum matang sempurna.
READ  Cara Mengecilkan Perut secara Alami

Setelah memasaka daging ayam sebaiknya :

  1. Ayam yang di potong-potong hanya akan tahan selama 2 hari saja jika di simpan. Sedangkan ayam yang setelah di masak dalam keadaan utuh maka akan lebih lama tahannya. Namun yang terbaik adalah ayam yang sudah di masak hendaknya segera dimakan jangan di simpan kembali.
  2. Jika terdapat sisa daging ayam hendaknya dimasak dengan menutup. Hal ini supaya terhindar dari bakteri-bakteri yang bebas pada kondisi terbuka.
  3. Jika ingin memakan daging ayam yang sudah di masak, gunakanlah wadah yang tertutup dan mudah untuk dijangkau ketika makan.

Jangan pernah remehkan hal-hal kecil karena bisa berdampak buruk bagi kita jika tidak diperhatikan. Salah satu contohnya pengolahan daging ayam, mungkin selama ini kita mengolah ayam apa adanya yang penting bersih dan bisa dimakan. Namun jangan salah jika anda tidak berhati-hati dan mencoba untuk merubah ke pengolahan yang benar, maka anda akan terinfeksi beberapa penyakit berbahaya.

Incoming search terms: