Manfaat Memelihara Indoor Plant Bagi Kesehatan

tanaman-dalam-ruangan-untuk-kesehatanZaman medsos (media social) kali ini makin memberikan suatu tekanan kuat bahwa masyarakat Indonesia berjiwa konsumstif yang semakin tinggi. Toko Online berbagai macam produk dari harga rendah sampai tinggi selangit pun ada, dari mulai alas kaki sampai alat memancungkan hidung pun ada. Berbelanja kesseharian pun telah ada akunnya tersendiri. Nah, kemudahan yang tinggi juga mendorong kebiasan konsumtif yang  tidak terkendali sangat berbahaya untuk gaya hidup seperti ini.

Bagi anda yang secara tidak sadar mengalami hal ini, beralihlah pada gaya konsumtif yang bermanfaat, salah satunya adalah yukk berbrlanja online indoor plant  selain untuk mempercantik rumah anda , dapat membantu merubah pola kebiasaan anda dengan mmebiasakan untuk memulai hidup sehat dan memulai  membangun lingkungan sehat. Secara perlahan dengan kebiasan merawat tanaman dapat memberikan suatu dorongan baru bagi anda berbuat yang lebih bermanfaat bagi kehidupan anda.

Banyak orang yang enggan menanam tanaman hias dengan alasan merepotkan, padahal jika mereka mengetahui manfaat tanaman hias dalam ruangan tersebut, yakin dan percaya banyak yang akan menanamnya dengan senang hati. Tanaman hias dianggap mempunyai nilai seni dan kebanggaan di dalamnya baik itu dari daun, bunga, batang hingga akarnya.

Manfaat tanaman hias dalam ruangan sebetulnya belum banyak diketahui oleh orang sebab biasanya orang menyadari bahwa tanaman hias cuma berfungsi untuk menambah nilai keindahan suatu rumah ataupun ruangan. Dan tahukah anda  merawat tanaman hias di dalaam ruangan atau indoor plant memberikan suatu kelebihan yang unik bagi kesehatan anda? Apa sih manfaatnyaa ?

  1. Mengurangi Stress

Stres merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan kejenuhan yang telah sangat tinggi kadarnya . Tanaman hias yan dipelihara didalam ruangan (indoor plant) merupakan tanaman yang mempunyai nilai seni baik itu dari model, bentuk, warna ataupun coraknya. Selain itu tanaman hias juga menghasilkan oksigen yang diperlukan tubuh supaya metabolism berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu dengan melihat tanaman yang ada diruangan anda, otak akan jadi lebih rileks dan oksigen yang dihirup juga bisa menyegarkan tubuh. Setiap proses perawatan akan menjadi  nilai kebanggan tersendiri bagi anda.

  1. Membuat kesehatan pernafasan menjadi lebih baik
READ  Makanan Terbaik Untuk Memulai Olahraga

Dengan adanya tanaman di dalam ruangan, maka karbondioksida yang dikeluarkan oleh penghuni rumah saat bernafas bisa diserap oleh tanaman tersebut saat melakukan proses fotosintesis. Hasil dari fotosintesis ini bisa menyediakan oksigen yang lebih banyak di dalam rumah sehingga udara di dalam rumah akan jauh lebih segar dan sehat. Tak hanya itu, sebuah penelitian menyebutkan jika adanya tanaman di dalam ruangan ternyata bisa membantu penyerapan racun yang bisa berasal dari asap rokok, cat, dan dari karpet. Dalam waktu 24 jam saja 87 persen dari racun-racun tersebut bisa diserap.

  1. Dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif

Dengan adanya banyak tanaman di dalam ruangan juga bisa membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi, mengingat serta bisa membanu meredakan stress. Ada sebuah penelitian yang juga memperliharkan bahwa tingkat konsentrasi siswa bisa meningkat sampai dengan 70 persen saat tanaman ada di dalam rang kelas.

  1. Tanaman dapat Memperbaiki Kondisi Psikologis Seseorang

Berada di taman atau ruangan yang memiliki tanaman akan lebih menenangkan pikiran dan dapat memperbaiki mood. Menurut American Horticultural Therapy Association (AHTA), terdapat beberapa manfaat  dari memelihara tanaman di rumah terhadap kondisi psikologis dan kognitif seseorang, di antaranya:

  • Meningkatkan rasa kepercayaan diri
  • Mengurangi stress dan kecemasan
  • Merasakan kebugaran
  • Membantu menenangkan pikiran dan membuat optimisme
  • Meningkatkan konsentrasi dan fokus
  • Meningkatkan kemampuan mengingat

Hal ini didukung oleh suatu hasil penelitian yang menunjukkan adanya efek peningkatan mood dan performa bekerja saat seseorang bekerja di ruangan yang dihiasi tanaman, dibandingkan dengan individu yang bekerja di ruangan yang tidak memiliki tanaman. Manfaat kegiatan berkebun juga meningkatkan kesehatan sosial dengan cara mendorong seseorang untuk bekerja sama dan bersosialisasi dengan orang lain.

READ  Manfaat Bawang Putih Hitam Bagi Kesehatan

Beberapa diatas merupakan manfaat yang didapatkan dari merawat tanaman, dan mulai ssekrang tidak salah bukan mengalihkan hobi yang tiap bulan kita gunakan untuk berbelanja barang yang kurang berinvestasi, tanaman adalah investasi kesehatan bagi kita, Nah, jenis tanaman apa aja yang bisa  kita rawat jika kita kekurangan lahan untuk menanam tanaman, solusinya yakni dengan menghadirkan indoor plant.

Berdasarkan penelitian, jenis tanaman yang dipilih sebagai pembersih udara di dalam ruangan diantaranya adalah tanaman Spider Plant, Sirih Gading, dan Lidah Mertua. Tanaman tersebut dipilih karena perawatannya mudah untuk diletakkan di dalam rumah. Untuk membersihkan udara di ruangan terbuka, cobalah tanaman seperti Azalea, Peace Lily, dan tanaman rambat English Ivy. NASA juga menganjurkan menempatkan tanaman pembersih udara dalam ruangan setiap 30 meter persegi di sekitar rumah.

 

Incoming search terms: