Kandungan bawang hitam Serta Manfaat dan khasiatnya

Berdasarkan hadil riset dalam “Medicinal and Aromatic Plant Science and Biotechnology Journals” Print : ISSN 1752- 3389, Editor in chief : Jaime A. Teixeira da Silva, Kagawa University Jepang, menyatakan hasil penelitian bahwa Ekstrak khasiat Bawang Putih Hitam (Allium sativum) kaya akan S-alil-L-sistein (SAC) dan mampu meningkatkan imunitas seluler untuk mendongkrak aktivitas NK (natural killer) yang memainkan peran penting dalam pemberantasan sel tumor.

Fermentasi bawang putih menjadi bawang hitam ajaib memiliki efek kesehatan yang lebih baik daripada bawang putih biasa. Terutama antioksidannya meningkat 2x dari bawang putih biasa.

Proses fermentasi juga membuat protein yang terkandung dalam bawang putih biasa terurai menjadi asam amino, karbohidratnya terurai menjadi fruktosa dan elemen nutrisinya meningkat dua kali. Walaupun difermentasi, kandungan bawang putih aliin masih tetap terjaga dengan baik, karena kulit bawang putih tidak dikelupas saat proses fermentasi.

Manfaat Bawang Putih dan Cara Konsumsi Bawang Hitam
Sumber : Yuhua & Eddy S: 15-68 dan Stephen F., At all., : 27-80. Dalam Ida Untari, Bawang Putih Sebagai Obat Paling Mujarab Bagi Kesehatan. Jurnal: GASTER, Vol. 7 No. 1 Februari 2010. Hlm. 552-554.

Bawang hitam atau black Garlic terbukti memiliki kelebihan 10 kali lipat dari kasiat bawang putih biasa dan sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Khasiat dan kegunaan bawang putih telah dikenal mampu mengobati beberapa penyakit. Salah satunya yaitu bawang putih hitam dapat digunakan sebagai bahan anti kanker. Berikut resep bawang hitam:

1. Bawang hitam untuk penyakit hipertensi,
Bahan yang digunakan 2 siung bawang hitam. Cara menggunakan: dimakan setiap pagi selama 7 hari.

2. Bawang hitam untuk penyakit Asma,
Batuk (Infeksi Saluran Pernafasan Akut / ISPA) dan masuk angin. Bahan yang digunakan 3 siung bawang hitam, 1 sendok makan madu dan Gula batu secukupnya. Cara membuat: bawang hitam ditumbuk halus, kemudian dioplos bersama bahan lainnya sampai merata dan diperas/ disaring. Cara menggunakan: diminum setiap pagi sampai sembuh.

3. Bawang hitam untuk penyakit sakit kepala,
Bahan yang digunakan umbi bawang hitam 1 siung. Cara membuat yaitu umbi bawang hitam ditumbuk halus. Cara menggunakan: untuk kompres pada dahi.

4. Bawang hitam untuk sakit kuning (jaundice pada hepatitis), busung air dan sesak nafas (penyakit saluran pernafasan).
Bahan yaitu 1 umbi bawang hitam, 1 potong gula batu sebesar telur ayam. Cara membuat yaitu umbi bawang hitam ditumbuk halus, kemudian kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih dan diaduk sampai merata, dan disaring. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari 2 sendok makan, pagi dan sore.

5. Bawang hitam untuk penyakit ambeien,
Bahan yaitu umbi bawang hitam. Cara membuat: umbi bawang hitam ditumbuk halus, kemudian diperas untuk diambil airnya. Cara menggunakan: dioleskan di sekitar dubur setiap hari.

6. Bawang hitam untuk penyakit sembelit,
Bahan yang digunakan yoghurt, bawang hitam dan bawang merah secukupnya. Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk halus, diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur sampai merata dan disaring. Cara menggunakan: diminum biasa.

7. Bawang hitam untuk luka memar karena tikaman atau pukulan.
Bahan yang digunakan bawang hitam dan 1 sendok madu. Cara membuat: bawang hitam ditumbuk halus, kemudian diberi 1 sendok madu dan dicampur sampai merata. Cara menggunakan: dioleskan pada bagian yang luka.

8. Bawang hitam untuk luka kena benda tajam berkarat.
Bahan yaitu umbi bawang hitam dan minyak kelapa secukupnya. Cara membuat yaitu umbi bawang putih dibakar, kemudian dicelupkan ke dalam minyak kelapa dan ditumbuk halus. Cara menggunakan: dioleskan pada bagian yang luka.

9. Bawang hitam untuk mempercepat matangnya bengkak abses atau bisul.
Bahan yang digunakan umbi bawang hitam. Cara membuat yaitu umbi bawang hitam dipanasi dengan minyak cat, kemudian ditumbuk halus. Cara menggunakannya : ditempelkan pada bagian yang bengkak.

10. Bawang hitam untuk mengeluarkan serpihan kaca, kayu atau duri.
Bahan yang digunakan umbi bawang hitam. Cara membuat umbi bawang hitam ditumbuk halus. Cara menggunakan yaitu ditempelkan pada baglan yang kemasukan serpihan kaca, kayu atau duri.

11. Bawang hitam untuk sengatan serangga,
Bahan yang digunakan umbi bawang hitam, sendowo dan garam secukupnya. Cara membuat: yaitu umbi bawang hitam ditumbuk halus, kemudian dicampur dengan bahan lainnya sampai merata. Cara menggunakan: dioleskan ada bagian tubuh yang disengat serangga.

12.Bawang hitam untuk mengusir cacing kremi dan cacing perut.
Bahan yang digunakan beberapa siung bawang hitam. Cara membuat yaitu dikupas dan dicuci bersih. Cara menggunakan: dimakan langsung.

13. Bawang hitam untuk sulit tidur (insomnia),
Bahan yang digunakan beberapa siung bawang hitam. Cara membuat yaitu dikupas dan dicuci bersih. Cara menggunakan: dimakan langsung sebelum tidur.

14. Bawang hitam untuk diare,
Bahan yang digunakan 2 buah bawang hitam. Bawang hitam direbus dengan air secukupnya untuk membuat air ramuan. Cara menggunakan yaitu air ramuan yang sudah dibuat setelah dingin / hangat-hangat kuku dapat langsung diminum.

15. Bawang hitam untuk Paralisis (Kelumpuhan),
Bahan yang digunakan 1 buah bawang hitam dan seladri segar 50 gram. Cara membuat yaitu Bahan yang sudah disiapkan ditumpuk sehingga menjadi pasta. Cara menggunakan yaitu pasta dilumurkan pada sisi wajah sekali sehari.

16. Bawang hitam untuk Neurosis Seksual,
Bahan yang digunakan bawang hitam dalam jumlah yang memadai. Cara menggunakan yaitu Tiga siung bawang hitam bersih dimakan ketika makan nasi atau dimakan begitu saja.

17. Bawang hitam untuk diet
Bawang hitam juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Caranya ambil bawang hitam yang kualitasnya masih bagus tidak busuk lalu tekan atau diremukan agar kandungan dari bawang hitam bias terserap dengan maksimal.

18. Bawang hitam untuk ginjal
Bahan: Ambil bawang putih hitam tunggal sebanyak 11 (sebelas) suing, lalu bawang bombay sebanyak 2 (dua) suing, dan jeruk nipis (bukan jeruk lemon ya) sebanyak 3 (tiga) buah.

Caranya membuatnya :

Blender ke 3 bahan diatas. Perhatikan jeruk nipis harus keseluruhannya diblender, jadi kulit dan bijinyapun tidak boleh dipisah atau dibuang, tetapi harus diblender sekaligus. Konsumsi sehari 3x 1 sendok makan yang diminum sebelum makan.

Catatan:
Peringatan bagi yang mengkonsumsi obat bawang hitam, agar efek samping bawang hitam tidak terjadi:
1. Bawang Hitam tidak baik di konsumsi untuk Orang yang alergi bawang putih.
2. Bawang hitam putih tidak baik di konsumsi untuk orang yang akan menjalani pembedahan dalam waktu dekat.
3. Bawang Hitam tidak baik di konsumsi untuk orang yang sedang Migrain.
4. Bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak, harus minum air putih yang banyak.
5. Jangan mengkonsumsi Bawang Putih Hitam bila sedang memakai obat anti koagulan.

Tias Maulidina Wulandari

try to doing some different and always learn to get something good

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *