Cara Menghangatkan ASI Dengan Benar

Memiliki rutinitas di luar rumah bagi seorang ibu yang memiliki anak bayi menjadi pertimbangan penting untuk tetap memberikan ASI eksklusif. Mungkin akan di rasa sulit memberikan ASI eksklusif pada anak kita, sedangkan kita memiliki kewajiban sebagai wanita karir yang harus bekerja di luar rumah dalam waktu tertentu.

Dulu hal tersebut menjadi permasalahan sehingga ASI eksklusif susah diberikan untuk waktu 2 tahun bagi bayi. Sehingga banyak ibu-ibu yang beralih pada susu formula untuk asupan gizi anaknya terpenuhi. Padahal kandungan ASI dengan susu formula sangat jauh berbeda yang mana kandungan ASI-lah yang mampu memenuhi nutrisi-nutrisi untuk bayi. Namun berbeda dengan jaman yang semakin canggih seperti saat ini. Sudah banyak ibu-ibu yang memiliki persediaan ASIP atau ASI perah untuk bayinya meskipun ibu harus bekerja. Jadi kendala memberikan ASI eksklusif bagi bayi sudah bisa dilakukan tanpa menggangu pekerjaan di luar rumah.

Pengetahuan untuk menggunakan ASI di dalam kulkas tentunya menjadi perhatian khusus bagi ibu-ibu yang memiliki anak usia bayi dan harus tetap bekerja. Hal ini menjadi penting kenapa, sebab jika salah dalam menghangatkan ASIP kepada bayi maka akan banyak sekali efek pada bayi.

Seperti salah satu ibu yang dia sudah lupa bagaimana caranya menghangatkan ASIP yang berada di kulkas yang kemudian dengan cara yang salah ASIP tersebut diberikan kepada anaknya dan mengakibatkan anakCara Menghangatkan ASI Dengan Benarnya diare tanpa henti serta dilarikan ke rumah sakit. Tentunya jika hal tersebut terjadi pada anak anda sangat di sayangkan sekali bukan jika kita sebagai seorang Ibu harus teliti dalam memberikan asupan nutrisi kepada anak terutama ASI. Pada kali ini akan dibahas bagaimana caranya menghangatkan ASIP yang ada di kulkas dengan baik dan benar.

READ  Ini Yang Harus Dilakukan Saat Mimisan

Langkah-langkah menghangatkan ASI dari kulkas :

  1. Pindahkan wadah ASI yang ada pada freezer ke kulkas. Hal ini dimaksudkan ASI yang beku dicairkan secara total terlebih dahulu dengan menurunkan temperature ASI secara perlahan di luar freezer. Hal ini dilakukan supaya aman dan ASI tidak rusak.

Ketahuilah hal-hal penting lainnya yaitu cara menyimpan ASI mempengaruhi lama tahannya ASI digunakan.

  1. Biarkan ASI mencair semalaman hingga tidak terlihat gumpalan-gumpalan. Hal tersebut biarkan selama 8 jam supaya benar-benar cair. Setelah 8 jam bukalah botol ASI untuk memastikan apakah sudah cair keseluruhan atau belum. Jika masih terdapat gumpalan-gumpalan biarkan selama beberapa jam lagi untuk hasil yang sempurna.
  2. Simpanlah ASI yang anda perah dimana untuk jangka waktu lima hari. Sebab susu yang baik adalah segera di minum. Jika masih terdapat sisa maka gunakanlah sebelum dari 5 hari jika di simpan dalam kulkas.
  3. ASI yang sudah dicairkan jangan dibekukan lagi, sebab hal ini akan mengakibatkan lemak yang terdapat dalam ASI akan menurun kualitasnya.

Mencairkan ASI dengan air mengalir :

  1. Letakkan botol ASI yang beku berada pada wadah yang berisi air dingin. Air dingin yang digunakan adalah sebaiknya temperaturnya lebih dingin dari suhu ruangan. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menaikkan suhu ASI secara perlahan serta untuk menghasilkan ASI cair secara merata. Hal ini juga untuk menjaga kandungan enzim pada ASI tidak rusak.
  2. Tingkatkanlah suhu air secara bertahap setelah ASI mencair. Tingkatkan suhu air dari dingin menjadi ke suhu ruangan. Kemudian dari suhu ruangan ke suhu hangat. Dan dari suhu hangat ke suhu panas. Pada suhu panas usahakan jangan sampai ASI mengeluarkan uap, sebab hal tersebut akan membuat ASI menjadi panas dan dapat membakar mulut bayi yang masih sensitif. ASI kondisi dingin baik untuk diminum bayi, namun jika bayi anda rewel maka hangatkan ASI dengan suhu ruangan.
  3. Hangatkan ASI yang dingin pada wadah yang berisi air hangat. Hal ini lakukan dengan suhu air secara bertahap supaya kualitas ASI tetap terjaga serta ASI tidak terlalu panas ketika di minum bayi anda.
  4. Aduklah ASI yang telah dicairkan untuk memastikan apakah masih terdapat gumpalan-gumpalan atau tidak.
READ  Wilayah Pengiriman Bawang Hitam dAHZAT

Perendaman Air hangat untuk mencairkan ASI :

  1. Panasakanlah air yang ada di panic, kemudian nyalakan kompor dengan api yang kecil saja. Jika air sudah mengeluarkan uap namun belum sampai mendidih maka angkatlah panci. Hal ini supaya ketika menghangatkan ASI tetap dengan suhu air yang bertahap. Jika diletakkan langsung di atas kompor maka ASI akan cepat panas yang hal tersebut akan membuat beberapa kandungan ASI hilang atau rusak.
  2. Tempatkan wadah berisi ASI pada air panas. Untuk menghangatkan ASI dapat dilakukan dengan cara ini yaitu dengan menempatkan wadah berisi ASI di dalam panci air panas.

Demikian penjelasan singkat bagaimana cara menghangatkan ASI yang benar tanpa menghilangkan kandungan serta nutrisi yang ada di dalamnya. Semoga bermanfaat